Minggu, 31 Juli 2011


" YA AYYUHALLADZINA AMANU KUTIBA 'ALAIKUMUSSHIYAMU KAMA KUTIBA 'ALALLAFZINA MIN QOBLIKUM LA'ALLAKUM TATAQUN "

Ya itulah ayat alqur-an yg memerintahkan kita untuk berpuasa.

Ayat tersebut terdapat pada surat al-baqoroh : 183.

Semalam , sebagian orang menyambut awal Ramadan dengan kembang api

Mereka begitu gembira dg datangnya Ramadan sang pemimpin bulan ,

Yg begitu terkenal dg berbagai Fadhilah , istilah , juga panggilan bagi sang Ramadan . Ramadan bulan yg penuh berkah , berlipat pahala juga ujian yg berat dalam menjalani puasa . sebutan lain bagi Ramadan adalah qiyamullail atau berdiri di malam hari , salah satu simbol qiyamullail adalah Sholat tarowih . sayyidusysyuhur atau pemimpin bulan , karena di bulan ini nilai pahala di lipat gandakan , amalan sunat saja di nilai dg nilai wajib . ini adalah medan perang untuk menundukan hawa nafsu , ke egoisan serta ke angkuhan diri . ada 2 (dua) ke bahagiaan bagi yg melaksanakan pusa :

1. Kabahagiaan saat ia berbuka , karena kesibukan keseharian kita jarang bersama di meja makan dg keluarga , tapi di bulan Ramadan kita lebih punya waktu untuk bersama dg keluarga baik di meja makan atau melaksanakan sholat .

2. Kebahagiaan saat ia bejumpa dg Kholiqullalam , tentu inilah yg di nanatikan , kita berjumpa dg pencipta kita secara langsung tanpa ada hijab penghalang .

Tentu selain itu ada hikmah lain , ya nilai sosial yg mungkin selama 11 bulan yg lain kita kurang berkomunikasi dg para tetangga karena kesibukan masing2 , nah di bulan ini akan sering kita bersua dalam melaksanakan sholat tarowih bersama (berjamaah) , yg pasti ini akan mempererat talli silaturahmi , bahkan dalam sedekah juga yg mungkin jarang selama 11 bulan yg lain kini lebih sering karena mengingat pahala yg di janjikan di lipat gandakan .

Ah ceritanya di cukupkan saja takutnya malah menyimpang dari benar , hehehehehe,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, penulis : elfaqir@24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar